Puasa 2020 Bulan Ramadhan 1441 H

Dalam beberapa bulan lagi pada saat tulisan ini dibuat, umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia akan memasuki bulan ramadhan. Salah satu momen yang tentu sudah sangat dirindukan oleh semua orang karena di bulan ramadhan tersebut merupakan bulan yang penuh ampunan, penuh rahmat, dan setiap amal kebaikan yang kita lakukan akan mendapatkan balasan atau ganjaran yang berlipat-lipat dari Allah swt., Insya Allah.

Puasa 2020 atau bulan ramadhan 1441 H sendiri diperkirakan akan jatuh pada bulan April mendatang lebih tepatnya lagi hari pertama puasa 2020 akan jatuh pada pada tanggal 23 April 2020. Bagi yang mungkin masih memiliki hutang puasa di tahun sebelumnya, biar tidak lupa sebaiknya mulai menggantinya sedari sekarang, agar nanti ketika bulan puasa 2020 sudah tidak punya hutang puasa lagi.
Puasa Ramadhan 2020
Puasa Ramadhan 2020
Mari kita sama-sama berdoa kepada Allah swt. agar senantiasa diberi kesehatan serta istiqomah dalam beribdah, serta diberikan kesempatan untuk kembali bertemu dengan bulan ramadhan 2020 tahun ini. Begitu banyak keutamaan yang bisa didapatkan di bulan ramadhan, sehingga sudah selayaknya umat muslim berharap agar bisa berjumpa kembali dengan ramadhan guna menunaikan ibadah-ibadah wajib di bulan ramadhan maupun ibadah sunnahnya.

Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa

Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam setiap melaksanakan ibadah harus disertai dengan niat, begitu juga ketika kita akan menunaikan rukun islam yang keempat yakni puasa ramadhan. Karena termasuk ibadah yang tidak setiap hari dilakukan kecuali pada bulan ramadhan, bukan tidak mungkin ada sebagian dari kita atau adik-adik kita yang lupa dengan niat puasa ramadhan ataupun doa berbuka puasa. Maka dari itu tidak ada salahnya kita ingatkan kembali bagi yang lupa atau mungkin malah yang belum tahu, berikut adalah doa niat puasa dan juga doa berbuka puasa.
  1. Niat Puasa Ramadhan
  2. Agar semakin sempurna dan afdhol ibadah puasa yang kita tunaikan maka sebelum melakasanakannya jangan lupa untuk membaca doa niat puasa ramadhan berikut ini
    Niat Puasa Ramadhan
  3. Doa Berbuka Puasa
  4. Dan setelah seharian penuh menahan diri dari lapar dan haus serta godaan hawa nafasu, maka menjelang maghrib merupakan waktu yang ditunggu-tunggu tentunya, karena merupakan waktu untuk berbuka puasa. Segerakan untuk berbuka ya meski hanya dengan sebutir kurma dulu, atau seteguk teh manis atau sirup serta jangan lupa membaca doa berbuka puasa berikut ini. 
    Doa Berbuka Puasa

Amalan di bulan Ramadhan

Selain menunaikan ibadah puasa ramadhan yang wajib, di bulan ramadhan yang penuh rahmat serta ampunan umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan baik lainnya mengingat pada bulan tersebut Allah swt. akan memberikan balasan yang berlipat ganda atas setiap perbuatan atau amalan baik yang kita lakukan. Jadi, jangan sia-siakan bulan ramadhan terutama dengan selalu menjaga shalat wajib lima waktu dan puasa ramadhan, serta memperbanyak amalan-amalan sunnah lainnya.

Berikut beberapa amalan di bulan ramadhan yang dianjurkan kepada seluruh umat muslim untuk melaksanakannya dengan istiqomah.
  1. Shalat Tarawih
  2. Salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan ramadhan adalah menunaikan shlat tarawih. Shalat ini ditunaikan pada malam hari selepas shalat Isya' dan hanya dilaksanakan pada saat bulan ramadhan saja. Shalat tarawih boleh dilakukan sendiri-sendiri atau munfarid namun tentu akan lebih baik apabila kita bisa menunaikannya secara berjamaah.

    Dengan membiasakan diri rutin melaksanakan shalat tarawih di bulan ramadhan, harapannya tentu saja mendapatkan ampunan dari Allah swt. atas dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Selain itu, secara tidak langsung kita melatih diri untuk membiasakan diri menunaikan shlat malam, sehingga kita bisa terbiasa menunaikan shlat malam tidak hanya pada bulan ramadhan saja.
  3. Tadarus Alquran
  4. Amalan di bulan ramadhan lainnya yang sangat dianjurkan untuk rutin dilakukan adalah tadarus alquran. Ramadhan merupakan bulan dimana Alquran diturunkan, maka dari itu mari sama-sama mengharap keberkahan dari Allah swt. dengan senantiasa tadarus Alquran di bulan ramadhan.

    Sama seperti sebelumnya, selain mengharap kebaikan serta keberkahan dari membaca Alquran, harapan lainnya tentu saja kita menjadi terlatih dan terbiasa meluangkan waktu untuk tadarus Alquran ketika sudah bukan di bulan ramadhan. Seperti kita ketahui, kita bisa mendapatkan 10 kebaikan dari setiap huruf dalam Alquran yang kita baca, dan pada bulan ramadhan pahala kebaikan tersebut akan semakin berlipat-lipat kita dapatkan. Untuk itu, mari senantiasa memperbanyak amal-amal kebaikan dengan selalu rutin membaca Alquran.
  5. Sedekah
  6. Sedekah merupakan salah satu amalan lainnya yang sangat dianjurkan untuk diperbanyak di bulan ramadhan. Tentu saja sedekah yang dilandasi dengan keikhlasan dan semata-mata hanya mengharap ridho dari Allah swt., saja. Seperti kita ketahui bersama, sedekah akan mendatangkan keberkahan serta semakin meluaskan rezeki bagi orang-orang yang bersedekah.

    Dan pada bulan Ramadhan ada salah satu bentuk sedekah yang sangat dianjurkan, yakni dengan memberikan hidangan atau santapan buka puasa bagi orang-orang yang menunaikan ibadah puasa ramadhan.
  7. I'tikaf
  8. Selanjutnya, i'tikaf juga merupakan salah satu amalan di bulan ramadhan yang sangat dianjurkan dan juga dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW guna semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan cara i'tikaf di masjid.

    I'tikaf boleh kita laksanakan setiap hari namun memang pada malam 10 hari terakhir ramadhan yang sangat dianjurkan atau ditutamakan, dengan alasan agar bisa mendapatkan keagungan malam lailatul qodar.
  9. Umrah
  10. Umrah di bulan ramadhan termasuk salah satu amalan di bulan ramadhan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, karena pahala yang didapatkan setara dengan pahala beribadah haji. Namun begitu tentu saja bukan berarti hal tersebut menggugurkan kewajiban menunaikan ibadah haji bagi yang mampu menunaikannya.
  11. Memburu Lailatul Qodar
  12. Bagi umat muslim, malam lailatul qadar merupakan salah satu malan yang sangat dinantikan kehadirannya. Bahkan Nabi Muhammad SAW senantiasa membangunkan keluarganya pada 10 malam terakhir di bulan ramadhan dengan harapan bisa mendapatkan lailatul qadar.

    Dalam Alquran juga telah dijelaskan bagaimana istimewanya malam lailatul qadar dimana pada malam tersebut digambarkan sebagai malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan. Lailatul qadar ada diantara 10 hari terakhir di bulan ramadhan terutama pada malam-malam ganjilnya, dan malam yang paling diharapkan adalah pada malam ke-27.
  13. Memperbanyak Dzikir, Doa & Istighfar
  14. Umat muslim sangat dianjurkan sekali untuk selalu berdoa memohon kepada Allah swt. akan segala hajatnya. Selain itu umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak mengingat Allah swt. dan juga memohon ampunan-Nya dengan memperbanyak istighfar terutama di waktu sahur.

    Dengan memperbanyak dzikir, doa serta istighfar di bulan ramadhan semoga bisa mempercepat terkabulnya segala hajat baik yang kita inginkan, dan juga amalan-amalan tersebut menjadi terbiasa kita lakukan tidak hanya pada saat  bulan ramadhan saja.


Demikian tadi beberapa informasi seputar puasa ramadhan 2020, semoga setelah mengetahui perkiraan kapan jatuhnya bulan ramadhan 2020 diatas kita bisa semakin baik dalam mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran bulan yang mulia tersebut. Kita siapkan fisik dan mental sebaik-baiknya niatkan untuk memperbanyak amalan di bulan ramadhan mendatang, baik amalan atau ibadah yang wajibnya maupun ibadah sunnahnya. Semoga rahmat serta ampunan Allah swt. dapat kita raih salah satunya dengan jalan beribadah dengan khusyu' dan istiqomah di bulan ramadhan. Aamiin.
LihatTutupKomentar
Cancel